Ini Cara Duduk yang Benar Ketika Anda Menggunakan Komputer!

Meja Komputer


Apakah Anda pernah merasa capai, ketika seharian bekerja di depan komputer? Apakah Anda menganggapnya hal yang biasa? Sebaiknya, hilangkan anggapan tersebut! Bisa saja cara duduk Anda ketika menggunakan komputer tidak benar, dan memebuat badan Anda sering pegal-pegal. Mengapa hal ini bisa terjadi? Mungkin, posisi meja dan badan Anda tidak tepat, atau mungkin saja Anda terlalu sering membungkuk ketika menggunakan komputer. Untuk sekarang ini, sebaiknya Anda menganggap hal tersebut sebagai masalah yang serius. Bisa saja, di kemudian hari malah Anda akan dirugikan karenanya. Jadi, atur posisi meja dan cara duduk yang benar, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut adalah tips menggunakan komputer dan posisi badan yang baik dimana bisa Anda terapkan langsung.

1. Posisi Meja

Meja, adalah solusi terbaik jika Anda ingin menggunakan komputer dalam waktu yang lama. Adalah hal yang melelahkan jika kita seharian menggunakan komputer tanpa bantuan meja. Namun, jika Anda tetap merasa lelah ketika sudah menggunakan meja sebagai alat bantu, maka mungkin cara duduk Anda yang tidak benar. Ada dua kesalahan yang biasanya dilakukan orang-orang ketika berlama-lama di depan komputer, dan belum mengaplikasikan cara duduk yang benar

Pertama, mereka terus-terusan berada di depan komputer tanpa menggerakkan bagian-bagian tubuh. Kedua, mereka duduk terus setiap waktu! Bagaimanapun posisi Anda saat itu, anggota badan Anda harus selalu digerakkan, cobalah setiap beberapa menit melakukan gerakan pemanasan, atau cukup berdiri dan berjalan-jalan sebentar.
Namun, apabila Anda memiliki cukup biaya, Anda bisa mendesain meja yang cocok dengan posisi badan Anda. Usahakan Anda memiliki meja yang memiliki dua macam fungsi, yaitu sebagai tempat komputer dan tempat bersandar. Dengan tempat sandaran ini, kaki Anda akan terasa rileks, dan akan bergerak dengan leluasa, sehingga akan mengurangi rasa pegal-pegal  pada badan Anda. Anda juga dapat memodif tempat keyboard, mouse, atau monitor agar dapat dipindahkan ke atas dan ke bawah  menyesuaikan dengan posisi tubuh Anda

2. Jika Meja Bukan Solusi

Seperti sudah disebutkan tadi, meja adalah solusi terbaik dalam menggunakan komputer. Namun, ada beberapa orang yang tidak memperhatikan hal seperti ini, alhasil meja tidak memberikan posisi yang tepat. Jika Anda hanya memiliki meja seadanya, maka Anda memerlukan solusi lainnya. Misalnya, Ada menempatkan monitor, keyboard, dan mouse di atas satu meja, maka Anda akan selalu berada pada posisi yang itu-itu saja, karena tangan Anda akan selalu berada di atas meja. Solusi untuk masalah seperti ini adalah, ketika Anda sedang duduk menggunakan komputer, Usahakan posisi monitor sejajar dengan posisi pandangan mata Anda. Jika mungkin tidak sejajar, Anda bisa meletakkan sesuatu di bawah monitor, atau gunakan kursi yang memberikan pandangan sejajar pada komputer Anda.

3. Duduk Terlalu Lama

Ini bisa terjadi pada siapapun. Ketika Anda bekerja, atau mungkin mengerjakan tugas di rumah, maka Anda akan berada pada posisi yang tidak diuntungkan, yaitu duduk berlama-lama di depan komputer. Solusi terbaik adalah, gunakan waktu istirahat sebaik-baiknya. Ketika istirahat, gunakanlah waktu untuk berjalan-jalan. Jika mungkin Anda tidak sempat berjalan-jalan, lakukan pemanasan di tempat kerja Anda memakai alsa kaki ke tempat kerja? Apabila Anda berlama-lama di depan komputer, maka Anda akan merasakan pegal-pegal, tidak hanya di kaki Anda, tetapi mungkin juga bagian belakang tubuh Anda. Untuk mengatasi hal seperti ini, maka pada saat Anda memiliki waktu istirahat, lepas alas kaki dan lemaskan otot-otot kaki Anda. Ya, itulah cara yang tepat untuk mengatasinya. Duduk terlalu lama dan menggunakan alas kaki dapat menggaggu tubuh Anda.

Kesimpulan

Anda mungkin akan berpikir, jika cara duduk yang benar di depan komputer mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya. Bisa saja Anda memerlukan sebuah meja baru, monitor baru, kursi baru, dan sebagainya. Hilangkan pikiran tersebu! Kini, Anda bisa menjadi lebih kreatif dengan mengaplikasikan tips-tips di atas. Tidak memerlukan banyak biaya, bahkan Anda hanya perlu manambahkan dan mengganti beberapa hal saja. Sekarang, rasa pegal-pegal Anda akan segera berkurang ketika berlama-lama duduk di depan komputer.